Posted on

^ CONTOH ^

SUSUNAN KEPANITIAN
Orientasi Studi & Pengenalan Kampus
(OSPEK)

PENDIDIKAN TEKNOLOGI KIMIA INDUSTRI

M E D A N

2010/2011

KATA PENGANTAR

Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) merupakan momentum bersejarah bagi setiap Mahasiswa yang memasuki pintu gerbang perguruan tinggi. OSPEK dengan seluruh rangkaian acaranya merupakan wahana awal pembentukan watak bagi seorang mahasiswa baru. Dengan kata lain bahwa baik tidaknya kepribadian mahasiswa di sebuah perguruan tinggi sedikit banyak ditentukan oleh baik tidaknya pelaksanaan OSPEK di perguruan tinggi tersebut. Pernyataan ini terkesan sangat ekstrim karena seolah-olah menafikan komponen lain dalam pembentukan kepribadian mahasiswa. Namun disadari atau tidak, pengalaman pertama yang diperoleh selama mengikuti OSPEK sangat berkesan bagi seorang Mahasiswa, yang pada gilirannya akan terekspresi dalam kehidupan kesehariannya di lingkungan kampus. Oleh karena itu, semua pihak hendaknya menaruh komitmen penuh atas terselenggaranya suasana OSPEK yang kondusif bagi pembentukan watak Mahasiswa yang sesuai dengan predikat PTKI Medan sebagai perguruan tinggi yang baik untuk menciptakan PARADIGMA bangsa yang berkompeten di Dunia usaha/Daunia industri.
OSPEK di PTKI Medan mulai tahun 2010 dan seterusnya akan dititikberatkan pada upaya membangun komitmen akademik secara optimal dan konsisten. Hal ini diperlukan untuk menghindari stigmatisasi OSPEK sebagai forum hura-hura, perploncoan atau digunakan untuk kepentingan lain yang bertentangan dengan tujuan OSPEK di PTKI Medan.
Dalam kerangka itulah Pedoman ini disusun, dengan maksud untuk menjadi panduan kepada semua pihak yang terkait dengan pelaksanaan OSPEK, baik panitia, pemateri, pemandu, pemantau dan pimpinan di tingkat fakultas maupun universitas.Pedoman ini juga memberi panduan dalam menyusun rincian acara pada OSPEK untuk mahasiswa baru, bagaimana prosedur pelaksanaan OSPEK di lapangan sehingga diharapkan pelaksanaan OSPEK tetap berada dalam atmosfir akademik dan koridor etika Mahasiswa PTKI Medan.
Penyusunan Pedoman ini melalui dinamika dan proses yang cukup panjang; debat, kritik, tarik-menarik dan kompromi yang melibatkan berbagai elemen civitas akademika telah menjadi catatan sejarah tersendiri. Oleh karena itu Pedoman ini hendaknya benar-benar dijadikan sebagai suatu Panduan oleh setiap penyelenggara OSPEK di PTKI Medan. Semoga bermanfaat.
Medan, 02 julI2010
Panitia Pelaksana

BENTUK DAN TEMA KEGIATAN
Kegiatan ini adalBentuk dari kah Orientasi Mahasiswa dan Perkenalan Kampus yang di kemas dalam kegiatan OSPEK sebagai bentuk wahana awal pembentukan watak bagi seorang mahasiswa baru yang mengambil tema “ empowering imajination “
Latar Belakang Kegiatan
Orientasi Studi dan Perkenalan Kampus ( OSPEK ) Mahasiswa merupakan salah satu agenda rutin Himpunan Mahasiswa PTKI Medan dalam menyambut datangnya mahasiswa baru. Kegiatan ini merupakan semacam jembatan penyeberangan menuju suatu iklim akademis serta memiliki fungsi strategis dalam mengenalkan, mengakrabkan serta menumbuhkan rasa kepekaan mahasiswa baru terhadap lingkungan barunya.
Didalam memasuki jenjang yang lebih tinggi, mahasiswa baru perlu adanya sosialisasi tentang visi dan misi PTKI Medan agar mahasiswa mempunyai gambaran yang jelas tentang bidang Ilmu yang akan mereka tempuh dan mereka pelajari.
Kegiatan ini diharapkan akan dapat memupuk rasa kekeluargaan antar mahasiswa, rasa kebersamaan, menanamkan sikap kerjasama tim, dan saling menghargai.

Tujuan
1. Sebagai salah satu bentuk interaksi dan sosialisasi antar mahasiswa, khususnya mahasiswa baru mahasiswa lama dan Alumnus PTKI Medan.
2. Pengenalan kampus, proses pembelajaran ( STUDI ),system administrasi perkuliahan dan deskripsi dunia kerja dibidang Teknik Kimia Industri dan Mekanik Industri.
3. Pengenalan Unit Kegiatan Kemahasiswaan ( UKM ) khususnya Pemerintahan Mahasiswa ( PEMA ) PTKI Medan.
4. Untuk menanamkan sikap kebersamaan, kerjasama tim,intelektual dan tolong menolong antar mahasiswa, sebagai bekal awal kuliah di kampus PTKI Medan dan untuk membentuk sikap mandiri dan kedewasaan ketika nantinya mereka terjun di masyarakat

Manfaat

Kegiatan ini diharapkan bermanfaat bagi :
1) Lembaga (AKADEMIK)

a) Dapat memberikan deskripsi tentang sistem silabus Pendidikan PTKI Medan kepada mahasiswa baru
b) Mengetahui kepribadian/tingkah laku mahasiswa baru sebagai dasar pembentukan sikap perlakuan pengambilan kebijakan dalam metode pembelajaran

2) Mahasiswa

a) Dapat menanamkan sikap kebersamaan, kerjasama antar mahasiswa (kerjasama tim), saling tolong menolong.
b) Untuk menyamakan visi dan misi kegiatan kemahasiswaan.
Sebagai ajang sosialisasi dan perkenalan antar mahasiswa baru,Mahasiswa lama dan Alumnus PTKI Medan.
c) Memperoleh informasi tentang kegiatan kemahasiswaan baik dari PEMA maupun UKM.

3) Nama Kegiatan
Kegiatan ini diberi tema “empowering imajination” dengan MOTTO “Menjadikan Insan PARADIGMA PTKI Medan Menjadi Lebih Kreatif dan Inovatif “

4) Tempat dan Waktu Pelaksanaan Kegiatan
Orientasi Studi dan Perkenalan Kampus ( OSPEK ) Mahasiswa baru ini akan dilaksanakan dalam dua bagian kegiatan yang masing – masing akan dilaksakan pada :

Pra Orientasi Studi dan Perkenalan Kampus ( OSPEK ) Mahasiswa baru :
Hari/Tanggal : Kamis
Waktu : 08 : 00 s/d 13 : 00 WIB

Orientasi Studi dan Perkenalan Kampus ( OSPEK ) Mahasiswa baru ini akan dilaksanakan di Kampus PTKI Medan dan akan dilangsungkan pada :
Hari / Tanggal : Jumat s/d Sabtu / 03 – 04 september 2010
Waktu : 08 : 00 s/d 16 : 00 WIB

5) . Personalia Kegiatan
1. Mahasiswa angkatan 2010 / 2011 sebagai peserta
2. Mahasiswa angkatan 2008 / 2009 sebagai panitia pelaksana (OC)
4. Mahasiswa angkatan 2007 / 2006 dan Alumnus PTKI Medan sebagai tamu undangan
5. Para staf Akademik dan Dosen Sebagai Pembimbing Orientasi Studi dan Perkenalan kampus

6) Sistematika Kegiatan
Kegiatan selama 3 hari bertempatdi Kampus PTKI Medan. Kegiatan berlangsung di alam terbuka dan bersifat camping dan survival. Kegiatan bersifat mendidik dan menbimbing mahasiswa baru untuk beradaptasi dengan mahasiswa lama,Alumnus dan dosen. Peserta (Mahasiswa Baru) akan dibagi menjadi 14 kelompok( PLETON ), yang masing-masing kelompok terdiri dari 30 orang dan akan didampingi oleh panitia pendamping kelompok. Semua peserta wajib mentaati semua peraturan dan wajib mengikuti semua kegiatan yang telah ditetapkan panitia, pada akhir kegiatan akan diberikan piagam penghargaan ( SERTIFIKAT OSPEK ) sebagai bukti telah mengikuti kegiatan ini. Masing-masing peserta dan kelompok juga wajib membawa perlengkapan dan peralatan yang telah diberitahukan panitia untuk dibawa.

7) Kostum Peserta dan Yel-Yel Kelompok
Setiap kelompok diwajibkan membawa PERALATAN sesuai ketentuan dan didalamnya dimasukkan unsur-unsur tradisi. Setiap peserta diwajibkan membuat yel–yel sesuai dengan karakteristik kelompok masing – masing.

Susunan Panitia

Pelindung : Ketua ISI Surakarta
Penanggung Jawab : Ketua Jurusan Etnomusikologi
Pengarah : Dosen dan Kakak Senior Etnomusikologi
Pembimbing :
Sharing Committee :
Ketua :
Sekretaris :
Bendahara :
Operating Committee :
Sie. Acara : 2
Sie. Humas : 4
Sie. Konsumsi : 4
Sie. Perlengkapan : 4
Sie. Kesehatan : 2
Sie. Dokumentasi : 2
Sie. Keamanan : 3
Sie. Kerohanian : – Islam : 1
– Kristen : 1
Sie. Pemantau : 4
Koordinator Kelompok :
Kelompok I : 1
Kelompok II : 1
Kelompok III : 1
Kelompok IV : 1
Lembar Pengesahan
Orientasi Studi Alternatif Mahasiswa dan MAKRAP
Disetujui oleh :
Surakarta, …. Agustus 2009
Ketua Pelaksana Sekretaris
Mengetahui,
Ketua HMJ Etno Ketua Jurusan Etnomusikologi
8) Penutup
Segala sesuatu yang belum tercantum dan diatur dalam proposal ini akan dipertimbangkan dan dapat ditambahkan sesuai dengan kesepakatan rapat panitia kegiatan. Dukungan dan bantuan kerjasama yang baik antar mahasiswa diharapkan sekali untuk mendukung terlaksananya kegiatan ini sesuai dengan tujuan dan tuntutan program kegiatan ini.
Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan lahir dan batin kepada segenap panitia untuk mewujudkan kegiatan ini sehingga dapat terlaksana dengan baik, lancar, dan tidak ada halangan dan rintangan apa
Amin.

BERILAH ISI KEPADA HIDUPMU
Sekali kita berani bertindak revolusioner tetap kita harus berani bertindak revolusioner……..jangan sertangah-setengah, jangan ragu-ragu, jangan mandek setengah jalan……..Kita adalah satu ‘fighting nation’ yang tidak mengenal ‘yourney’s end’.”(Amanat Sang Proklamator Replubik Indonesia)

About pakpakstudent

"bage ate mo rejkki, bage tennah mo no sodip" "rimo mungkur rimo kjaren...kene si mbue ukur kami mahan ajaren" "kita berpikir untuk bertindak, kita bertindak karena ada"