Posted on

^ OUT BOUND ^

Proposal Kegiatan Outbond

Proposal

PELATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN

AL FALAH CONNECTION

Dasar Pemikiran

Sebuah keharusan bagi sebuah institusi baik yang bersifat sosial maupun provit adalah kesadaran akan visi dan misi lembanga yang kemudian dari hal tersebut di harapkan menumbuhkan loyalitas baik pada tingkatan pelaksana organisasi maupun obyek yang di geluti organisasi tersebut.

Hal yang paling dasar dari pemahaman di atas adalah indoktrinasi, yang dalam wilayah proses dan prosesi harus ada kejelasan konsep memproses dan berproses. Dari landasan filosofisnya, Tahapan perjuangan dan tujuan atau target. Ketika hal tersebut sudah jelas maka kemudian yang harus dilakukan adalah menanamkan ideologi diatas sebagai sebuah ikatan dan kekuatan dalam berproses, dengan kata lain harus ada sebuah sistematisasi prosesi generasi dan regenerasi.

Di akui atau tidak, sebagai kerangka refleksi dan evaluasi, keberadaan Mahasiswa atau Pelajar yang di kirim ke Jawa atau daerah lain untuk menuntu ilmu dalam rangka penguatan kapasistas diri (capacity building) sampai saat ini masih belum terarah, kalau menengok proses-proses generasi sebelumnya, memang ada upaya-upaya tersebut, tetapi masih sebatas penguatan emosional dan cenderung parsial dengan kata lain masih bersifat taktis, belum mengarah pada wilayah strategis.

Sampai saat ini para mahasiswa atau pelajar yang menuntut di jawa atau daerah lain rata-rata masih belum bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dasar, dari cita-cita keberangkatan mereka di jawa atau daerah lain, sampai pada dengan siapa mereka harus berkomunikasi dalam rangka mewujudkan cita-citanya. Sehingga ketika mereka pulang kampung tidak ubahnya dan tidak ada bedanya dengan mahasiswa lain, artinya bahwa keberadaan mereka masih belum bisa memaksimalkan lingkungan-lingkungan yang ada di jawa. Dalam kerangka konsep tentu tidak mungkin menyalahkan siapa-siapa, tetapi berangkat dari hal ini tentunya menjadi sebuah refleksi dan sekaligus evaluasi dalam rangka memproses generasi dan berprosesnya generasi.

Hal ini sangat penting di tegaskan (recode) karena berangkat dari evaluasi di atas, pengiriman calon pelajar/mahasiswa yang setiap tahun dilakukan dan dengan kuantitas yang tidak sedikit, tentunya menjadi sumber daya manusia yang potensial ketika ada grand design yang jelas dan sistematis yang tertanam di setiap pelajar/mahasiswa yang berangkat ke Jawa atau daerah lain dan hal inilah (Sumber daya manusia unggul) menjadi sebuah keharusan dalam era otonomi daerah selain sumber daya alam untuk menuju Luwu Utara yang sejahtera.

Berangkat dari hal tersebut, maka kami merasa perlu untuk memulai dan menata generasi khususnya pelajar/mahasiswa yang ada di Jawa dengan harapan supaya lebih terarah dalam berproses baik sebagai pelajar/mahasiswa atau sebagai Generasi Luwu Utara. Untuk itu sebagai sebuah langkah awal, guna meneguhkan komitmen kedaerahan dan komitmen perjuangan dan komitmen menuntut kesungguhan dalam menuntut ilmu, kami Solidaritas Mahasiswa dan Pelajar Untuk Luwu Utara (SIMPUL) akan mengadakan agenda yang kami maksudkan untuk meneguhkan kembali semangat kebersamaan, kedaerahan dan berorganisasi sebagai salah satu proses informal untuk pendewasaan generasi dan penguatan kapasitas generasi dengan harapan mereka dapat survive di segala kondisi.

BENTUK DAN TEMA KEGIATAN
Bentuk dari kegiatan ini adalah Pelatihan Kepemimpinan Dasar yang di kemas dalam kegiatan out bond sebagai bentuk kaderisasi formal dalam organisasi yang mengambil tema “Meneguhkan Komitmen Kebersamaan dalam Mengembangkan Organisasi”

TUJUAN KEGIATAN
1. Tujuan Umum

Adapun tujuan umum dari kegiatan ini adalah sebagai upaya dan proses penataan generasi / mahasiswa yang masih menuntut ilmu di Jawa dengan menumbuhkan jiwa-jiwa intelektual organik untuk menyamakan gagasan, ,menguatkan ikatan emosional atau kedaerahan dan memberikan kesepemahaman frame perjuangan

2. Tujuan Khusus

a. Proses kaderisasi dan regenerasi organisasi (doktrinasi)

b. Menumbuhkan kesadaran diri dan semangat perjuangan, kebersamaan dan kemandirian

c. Sharing gagasan dan pengembangan potensi, pemikiran dan wacana kader

PELAKSANA KEGIATAN

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Koordinator Pusat Solidaritas Mahasiswa dan Pelajar Untuk Luwu Utara (SIMPUL) yang dalam teknisnya di bentuk kepanitiaan bersama.

PESERTA KEGIATAN

Kegiatan ini akan di ikuti oleh maksimal 30 peserta/kader (Mahasiswa/Pelajar yang masih menuntu ilmu di Jawa) yang diambil dari wilayah Bandung (Jawa Barat) Yogyakarta, Ponorogo, Madiun, Kediri, Tulungagung, Malang dan Banyuwangi

WAKTU DAN TEMPAT

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada :

Hari. Tanggal : Kamis-Minggu, 12-15 Juli 2007

Tempat : Hutan Lindung “Alas Purwo” Banyuwangi Jawa Timur

ANGGARAN DANA

Adapun anggaran dari kegiatan ini akan menghabiskan dana sebesar Rp.5.000.000,- yang akan di ambil dari pendaftaranpeserta, Pemerintah daerah Kabupaten Luwu Utara dan sumbangan-sumbangan yang halal dan tidak mengikat

PENUTUP

Demikian proposal ini kami buat yang sekaligus menjadi kerangka acuan agenda sampai pada skala teknis. Kesuksesan agena ini tentu sangat membutukan dukungan dari semua pihak baik yang besifat materiil maupun immateriil dan kami berharap semoga ini menjadi awal yang indah dan awal titik terang proses penataan generasi di Luwu Utara.

General Conection

Al Falah Connection

ESTIMASI DANA

Kebutuhan

Harga (Rp)

Unit

Satuan

Jumlah (Rp)

1. Pengadaan Proposal

2. Kertas plano

3. Spidol board maker

4. Stiker

5. Kaos

6. Film Cuci Cetak

7. Sewa Perlengkapan Out Bond

8. Transportasi

9. Konsumsi 10x

1000

50.000

35.000

1.000

25.000

100.000

1.000.000

100.000

5.000

50

1

2

100

25

1

2

20

20

Bendel

Gulung

Pak

Lmbr

Buah

Rol

Paket

Orang

Orang

50.000

50.000

70.000

100.000

625.000

100.000

2.000.000

2.000.000

500.000

Jumlah total anggaran :

5.450.000

Terbilang : Lima Juta Empat Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah

Tulisan ini dikirim pada pada Sabtu, Juni 2nd, 2007 11:15 am dan di isikan dibawah Artikel. Anda dapat meneruskan melihat respon dari tulisan ini melalui RSS 2.0 feed. r Anda dapat merespon, or trackback dari website anda.
One Response to “Proposal Kegiatan Outbond”

1.
dani cahyo mengatakan:
28 Oktober 2009 pukul 9:08 pm

gan… untuk pengadaan biaya., start kita mau buat venue berkisar berapa ya yg di butuhkan n spesifikasinya apa aja ya..tx
Balas

Tinggalkan Balasan
Klik di sini untuk membatalkan balasan.

Nama

Surat (tidak akan dipublikasikan)

Situs web

Beritahu saya mengenai komentar-komentar selanjutnya melalui surel.

Beritahu saya tulisan-tulisan baru melalui surel.

*
Marhaban …

Selamat Datang di
Al-Falah Connection.
Blog Resmi Jaringan Alumni Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Al-Falah Lemahabang, Bone-Bone, Kab. Luwu Utara, Sulawesi Selatan.
Syukron atas kunjungan Anda.
*
Arsip
*
Kategori
*
Tulisan Terakhir
o “Lagi malas ngapa-ngapain aja..!”
o Pengumuman Hasil UAN MTs. 2009: Satu..
o Al-Falah Tuan Rumah PORSENI MI Ke-3
o Pengumuman UAN MA 2009: 100% LULUS
o Pengumuman Hasil UAN 2009
*
Tulisan Teratas
o Proposal Kegiatan Outbond
o Al-Falah Tuan Rumah PORSENI MI Ke-3
o Belajar Efektif Dengan Teori Stephen R. Covey
*
Komentar Terakhir
aldo on Hasil Pengumuman UAN 2007
jufri on Sepuluh Santri Al-Falah Ikut K…
– on Teori Marxis Dalam Hubungan…
Vye on Valentine Bagi Umat Islam…
Anonymous on Data
CHIB on Data
*
Kalender
Juni 2007 S S R K J S M
« Mei Jul »
1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30
*
*
Blog Anggota
o Aris
o Bidin
o Ikhwan Hadi
o Makhrus Habibi
o Rahmat Hidayat
o Ramlah
*
Link Terkait
o Dzikrullah
o Managemen Qalbu
o Muslim
o My Qur’an
o Pesantren Virtual
o Sains in Religion
o Terapi Shalat
o UIN Malang
o UIN Sunan Kalijaga
o Ukhuwah
o Universitas Padjadjaran
o WordPress.com

Tema Contempt oleh Vault9.

About pakpakstudent

"bage ate mo rejkki, bage tennah mo no sodip" "rimo mungkur rimo kjaren...kene si mbue ukur kami mahan ajaren" "kita berpikir untuk bertindak, kita bertindak karena ada"